Pengertian profesi dan profesionalisme
•
ETIKA UMUM
•
ETIKA KHUSUS
•
ETIKA INDIVIDUAL
•
ETIKA SOSIAL
•
SIKAP THD SESAMA
•
ETIKA KELUARGA
•
ETIKA PROFESI
•
BIOMEDIS
•
HUKUM
•
BISNIS
•
TEK. INFORMASI
•
LAIN-LAIN
•
ETIKA POLITIK
•
LINGKUNGAN HIDUP
pekerjaan – profesi – profesional – kode etik
• Pekerjaan:
-
Kodrat manusia untuk bertahan
hidup di dunia - Suatu aktivitas manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
• Profesi:
-
Bagian dari pekerjaan, tetapi tidak semua pekerjaan
– Menguasai ilmu secara mendalam dalam bidangnya
– Mampu mengkonversikan ilmunya menjadi ketrampilan
– Selalu menjunjung tinggi etika dan integritas profesi
– Memiliki sikap: komitmen tinggi, jujur, tanggungjawab, berpikir sistematis, menguasai materi
• PROFESIONALISME
– Nilai-nilai profesional harus menjadi bagian dan telah menjiwai seseorang yang sedang mengemban sebuah profesi
Biasanya pada setiap profesi, terutama pada profesi yg berkaitan dg hajat hidup orang banyak, terdapat suatu aturan yg disebut ‘kode Etik’
Kode etik ; yaitu norma atau azas yang diterima oleh suatu kelompok tertentu sebagai landasan tingkah laku sehari-hari di masyarakat maupun di tempat kerja.
TUJUAN KODE ETIK PROFESI :
1. Untuk menjunjung tinggi martabat profesi.
2. Untuk menjaga dan memelihara kesejahteraan para anggota.
3. Untuk meningkatkan pengabdian para anggota profesi.
4. Untuk meningkatkan mutu profesi.
5. Untuk meningkatkan mutu organisasi profesi.
6. Meningkatkan layanan di atas keuntungan pribadi.
7. Mempunyai organisasi profesional yang kuat dan terjalin erat.
8. Menentukan baku standarnya sendiri.
Contoh sasaran kompetensi lulusan bidang studi Sistem Komputer
|
Kognitif
|
Afektif
|
Psiko-Motorik
|
D1 (Diploma 1)
|
Mengetahui cara sebuah komputer bekerja.
|
Mempunyai keinginan untuk menyebarkan ilmu yang dimiliki ke orang lain.
|
Mampu mengoperasikan komputer dan menjalankan aplikasi sederhana.
|
D2 (Diploma 2)
|
Memiliki pengetahuan mengenai cara kerja sebuah jejaring komputer (LAN).
|
Memiliki sejumlah cara atau pendekatan kreatif dalam
memahami cara jaringan komputer bekerja.
|
Mampu mengoperasikan komputer dalam lingkungan jaringan melalui pemanfaatan sistem operasi.
|
D3 (Diploma 3)
|
Memiliki pemahaman yang cukup untuk mendesain sebuah jaringan komputer.
|
Memiliki hasrat yang kuat untuk memperbaiki sejumlah
kekurangan pada sebuah jaringan komputer.
|
Sanggup mengeset dan menginstalasi sebuah jejaring komputer sederahana (LAN).
|
D4 (Diploma 4)
|
Mengetahui cara jaringan komputer bekerja dan sanggup mendesain sebuah jaringan dengan kinerja yang prima.
|
Mempunyai kecakapan dalam memimpin tim kecil untuk
mendesain jaringan komputer yang handal.
|
Dapat menginstalasi jaringan komputer sekaligus mengukur tingkat kinerjanya secara kuantitatif.
|
S1 (Sarjana)
|
Memiliki pengetahuan yang memadai terkait dengan cara kerja sistem komputer dan mampu merancang dan mengembangkan berbagai produk piranti berbasis digital.
|
Mempunyai kemampuan mendefinisikan kebutuhan pengguna atau
pasar terhadap produk teknologi baru yang belum tercipta.
|
Sanggup merancang komponen digital dengan menggunakan
aplikasi CAD/CAM.
|
S2 (Magister)
|
Mampu mendesain komponen piranti keras digital yang direpresentasikan dalam sebuah diagram teknis yang telah layak uji.
|
Memiliki kemampuan bernegosiasi dengan berbagai pihak external
(vendors) untuk membentuk tim gabungan pengembangan produk.
|
Dapat melakukan komparasi tingkat kinerja antar piranti keras dengan menggunakan berbagai jenis perangkat simulasi.
|
S3 (Doktor)
|
Mempunyai kemampuan dalam mengembangkan arsitektur sistem
piranti keras terintegrasi yang dapat dikembangkan menjadi sebuah produk
bernilai ekonomis tinggi.
|
Memiliki kecakapan dalam memimpin tim riset dan proyek pengembangan piranti keras digital untuk diproduksi secara masal.
|
Mampu menciptakan prototip piranti keras digital yang dapat berfungsi sesuai dengan fitur yang ditargetkan.
|
Contoh sasaran kompetensi lulusan bidang studi Sistem Informasi
|
Kognitif
|
Afektif
|
Psiko-Motorik
|
D1 (Diploma 1)
|
Mengetahui cara sebuah sistem informasi bekerja.
|
Memiliki keinginan untuk membangun sistem informasi di
lingkungannya.
|
Mampu mendefinisikan kebutuhan organisasi akan sistem
informasi dengan menggunakan formulir baku.
|
D2 (Diploma 2)
|
Memiliki pengetahuan mengenai cara berbagai komponen dalam
sebuah lingkungan sistem informasi.
|
Memiliki sejumlah cara atau pendekatan kreatif dalam
memahami cara sebuah sistem informasi bekerja.
|
Mampu merancang sistem informasi sederhana dengan
menggunakan instrumen permodelan.
|
D3 (Diploma 3)
|
Memiliki pemahaman yang cukup untuk mendesain sebuah
sistem informasi sederhana.
|
Memiliki hasrat yang kuat untuk memperbaiki sejumlah
kekurangan pada sebuah sistem informasi.
|
Sanggup menganalisa kebutuhan dan merancang sistem
informasi dengan tool metodologi sederhana.
|
D4 (Diploma 4)
|
Mengetahui cara membangun dan mengelola sistem informasi
perusahaan atau organisasi.
|
Mempunyai kecakapan dalam memimpin tim kecil untuk
mendesain sistem informasi organisasi yang handal.
|
Dapat mengembangkan cetak biru sistem informasi dengan
menggunakan software aplikasi terkait.
|
S1 (Sarjana)
|
Memiliki pengetahuan yang memadai terkait dengan cara membangun sistem informasi berdasarkan metodologi baku yang diterapkan secara internasional.
|
Mempunyai kemampuan komunikasi dalam mendefinisikan
kebutuhan organisasi akan sistem informasi secara detail dan menyeluruh.
|
Mampu membuat desain secara holistik sebuah arsitektur
sistem informasi korporasi dengan menggunakan standar internasional.
|
S2 (Magister)
|
Mampu menguji kehandalan sebuah sistem informasi dan memberikan rekomendasi perbaikan yang perlu dilaksanakan.
|
Memiliki memimpin sebuah tim kerja guna membangun sistem
informasi organisasi yang cukup kompleks.
|
Dapat melakukan kajian komparatif dan kuantitatif terhadap
kinerja sejumlah sistem inforamsi dengan menggunakan aplikasi komputer.
|
S3 (Doktor)
|
Mempunyai kemampuan dalam membangun sebuah sistem informasi berskala besar dan kompleks dan menggambarkan hubungan keterkaitan antar komponennya secara holistik dan sistemik.
|
Memiliki kecakapan dalam memimpin tim riset dan proyek pengembangan sistem informasi berskala besar dengan tingkat kompleksitas cukup tinggi.
|
Mampu menciptakan prototip model sistem informasi dengan kinerja handal yang dapat disimulasikan pada sistem komputer dengan menggunakan program aplikasi permodelan sistem.
|
Contoh sasaran kompetensi lulusan bidang studi Rekayasa Perangkat Lunak.
|
Kognitif
|
Afektif
|
Psiko-Motorik
|
D1 (Diploma 1)
|
Mengetahui cara membuat program sederhana.
|
Mencoba untuk mengembangkan berbagai program secara
mandiri.
|
Mampu menjalankan program yang dibuat dalam lingkungan
komputer.
|
D2 (Diploma 2)
|
Memiliki pengetahuan mengenai cara kerja sebuah program
yang terdiri dari sejumlah modul atau objek.
|
Memiliki sejumlah cara atau pendekatan kreatif dalam
membuat program aplikasi.
|
Mampu melakukan test integrasi antar modul yang dibuat
dalam sebuah lingkungan terkendali.
|
D3 (Diploma 3)
|
Memiliki pemahaman yang cukup untuk mendesain sebuah program terintegrasi.
|
Memiliki hasrat yang kuat untuk memperbaiki sejumlah
kekurangan pada sejumlah modul pada program tertentu.
|
Sanggup membenarkan dan memperbaiki kesalahan (error) yang
ditemukan pada program.
|
D4 (Diploma 4)
|
Mengetahui cara mengembangkan sebuah perangkat lunak aplikasi yang di dalamnya terdapat sejumlah program yang saling terkait satu dengan lainnya.
|
Mempunyai kecakapan dalam memimpin tim kecil untuk
mengembangkan program yang handal.
|
Dapat melakukan uji coba secara terintegrasi dengan
melibatkan berbagai pihak.
|
S1 (Sarjana)
|
Memiliki pengetahuan yang memadai terkait dengan metodologi baku dalam membangun perangkat lunak berkualtias.
|
Mempunyai kemampuan mendefinisikan kebutuhan pengguna
secara detail.
|
Sanggup mengembangkan perangkat lunak dengan menggunakan
berbagai bahasa pemrograman berbasis objek.
|
S2 (Magister)
|
Mampu menilai dan mengukur kualitas sebuah piranti lunak
(audit) untuk kemudian merekomendasikan perbaikannya.
|
Memiliki kemampuan memimpin tim pengembangan perangkat lunak terintegrasi.
|
Dapat melakukan komparasi kualitas antar perangkat lunak
dengan menggunakan benchmarking tool.
|
S3 (Doktor)
|
Memiliki kemampuan untuk mengukur tingkat kompleksitas
sebuah piranti lunak dan memperbaiki kinerjanya secara signifikan dengan
berabgai usulan perubahan yang bersifat sistemik.
|
Memiliki kecakapan dalam memimpin tim riset dan proyek pengembangan aplikasi perangkat lunak bersakala besar yang kompleks.
|
Mampu menciptakan prototip perangkat lunak terintegrasi untuk mengatasi masalah yang terhitung kompleks.
|
Contoh sasaran kompetensi lulusan bidang studi Teknologi Informasi
|
Kognitif
|
Afektif
|
Psiko-Motorik
|
D1 (Diploma 1)
|
Mengetahui cara sebuah sistem teknologi bekerja.
|
Mempunyai keinginan untuk mempelajari berbagai teknologi
informasi yang ada di sekitar.
|
Mampu mengoperasikan piranti teknologi dan menjalankan
aplikasi sederhana yang ada di dalamnya.
|
D2 (Diploma 2)
|
Memiliki pengetahuan mengenai cara kerja sebuah sistem teknologi informasi yang ada di organisasi semacam perusahaan.
|
Memiliki sejumlah cara atau pendekatan kreatif dalam
memahami cara sebuah sistem teknologi bekerja.
|
Mampu mengoperasikan piranti teknologi digital dalam
lingkungan jaringan.
|
D3 (Diploma 3)
|
Memiliki pemahaman yang cukup untuk mendesain dan menentukan teknologi informasi yang sesuai dengan kebutuhan.
|
Memiliki hasrat yang kuat untuk memperbaiki sejumlah
kekurangan pada sebuah piranti teknologi.
|
Sanggup mengeset dan menginstalasi berbagai teknologi
digital yang dibutuhkan organisasi atau perusahaan.
|
D4 (Diploma 4)
|
Mengetahui cara kerja sebuah teknologi informasi dalam
tatanan aristektur yang holistik dan sistemik.
|
Mempunyai kecakapan dalam memimpin tim kecil untuk mendesain teknologi informasi yang dibutuhkan.
|
Dapat menginstalasi beragam sistem teknologi informasi
sekaligus mengukur tingkat kinerjanya secara kuantitatif.
|
S1 (Sarjana)
|
Memiliki pengetahuan yang memadai terkait dengan
arsitektur sistem teknologi informasi beserta komponoen-komponen dan hubungan
keterkaitan di antaranya.
|
Mempunyai kemampuan mendefinisikan kebutuhan pengguna atau pasar terhadap produk teknologi baru yang dibutuhkan.
|
Sanggup merancang cetak biru pengembangan teknologi
informasi yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan.
|
S2 (Magister)
|
Mampu memberikan sejumlah skenario rekomendasi terhadap
kebutuhan akan teknologi informasi berdasarkan analisa cost-benefit.
|
Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan para vendors
pencipta teknologi informasi untuk keperluan berbagai ilmu termutakhir.
|
Dapat mengembangkan perencanaan pengembangan teknologi informasi dengan menggunakan metodologi baku standar interansional.
|
S3 (Doktor)
|
Mempunyai kemampuan dalam mengembangkan arsitektur
teknologi informasi secara terpadu dan holistik yang mampu memberikan manfaat
signifikan bagi siapa saja yang mengadopsinya.
|
Memiliki kecakapan dalam memimpin tim riset dan proyek
pengembangan perangkat teknologi informasi yang belum ada di pasaran.
|
Mampu menciptakan prototip teknologi informasi baru dengan menggunakan piranti aplikasi CAD/CAM.
|
Pekerjaan Di Bidang TI Standar Pemerintah
• Jenjang
dan pangkat Pranata komputer
Jabatan
Pranata Komputer
|
Pangkat
|
Golongan/
Ruang
|
Asisten
Pranata Komputer Madya
|
Pengatur
Muda Tingkat I
|
II/b
|
Asisten
Pranta Komputer
|
Pengatur
|
II/c
|
Ajun
Pranta Komputer Muda
|
Pengatur
Tingkat I
|
II/d
|
Ajun
Pranata Komputer Madya
|
Pranata
Muda
|
III/a
|
Ajun
Pranata Komputer
|
Pranata
Muda Tingkat I
|
III/b
|
Ahli
Pranata Komuter Pratama
|
Pranata
|
III/c
|
Ahli
Pranata Komputer Muda
|
Pranata
Tingkat I
|
III/d
|
Ahli
Pranata Komputer Muda Madya
|
Pembina
|
IV/a
|
Ahli
Pranata Komputer Urama Pratama
|
Pembina
Tingkat I
|
IV/b
|
Ahli
Pranata Komputer Utama Muda
|
Pembina
Utama Muda
|
IV/c
|
Ahli
Pranata Komputer Utama Maya
|
Pembina
Utama
|
IV/d
|
pengangkatan pejabat pranata computer
• Pengangkatan
Pegawai Negri Sipil dalam Jabatan Pranata Komputer Ditatapkan oleh Menteri,
Jaksa Agung Pimpinan Kesekretarian Tertinggi/ Tinggi Negara, Pimpinan Lembaga
Pemerintah Nondepartemen dan Gubernur Daerah Tingkat I.
syarat-syarat jabatan pranata computer
• Pegawai
negri sipil yang diangkat untuk pertama kali dalam jabatan pranata komputer
harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:
• Bekerja
pada satuan organisasi instansi pemerintah dan bertugas pokok membuat,
memelihara dan mengembangkan sistem dan atau program pengolahan dengan
komputer.
• Berijazah
serendah-rendahnya sarjana Muda/Diploma III atau yang sederajat.
• Memiliki
pendidikan dan atau latihan dalam bidang komputer dan atau pengalaman melakukan
kegiatan di bidang komputer.
• Memilki
pengetahuan dan atau pengalaman di bidang tertentu yang berhubungan dengan
bidang komputer.
·
Setiap penilaian pelaksaan pekerjaan
sekurang-kurangnya bernialai baik
0 komentar:
Posting Komentar